Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka


Dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka yang akan diberlakukan mulai tahun pelajaran 2022/2023 SMK Maarif NU 1 Cilongok atau lebih dikenal dengan SMK WELA menyelanggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar.

Dra. Nuan Sukini selaku Kepala Sekolah dalam pembukaan acara tersebut menyampaikan kepada peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan workshop dan berdasarkan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ada beberapa poin yang masih tanda merah menjadi peringatan untuk segera memperbaikinya melalui kegiatan workshop.

“Melalui workshop kali ini diharapkan mampu menghasilkan produk Kurikulum Operasional Sekolah (KOS), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar untuk Implementasi Kurikulum Merdeka”, ucapnya.

Workshop yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai Selasa-Rabu, 21-22 Juni 2022 bertempat di Gedung Serbaguna Lantai 2 dan diikuti seluruh guru SMK WELA dengan menghadirkan nara sumber Staff Kurikulum Darno, S.Pd.Mat. Di hari pertama pemaparan materi dan praktik penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Sementara di hari kedua peserta diwajibkan menyusun Modul Ajar tiap mapel untuk Kurikulum Merdeka.

“Seluruh peserta workshop yang akan melaksanakan kurikulum merdeka mulai tahun pelajaran 2022/2023 diwajibkan mampu menyusun administrasi pembelajaran Kurikulum Merdeka seperti Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar”, ungkap Darno, S.Pd.Mat selaku staff kurikulum SMK WELA.

Kerjasama DUDIKA