Asesmen Bakat dan Minat


Tes Bakat Minat adalah tes yang digunakan untuk mengetahui arah bakat dan minat seseorang di bidang pendidikan dan pekerjaan. Tes bakat dan minat juga salah satu pilihan solusi yang tepat untuk dapat mengetahui aspek bakat dan minat peserta didik untuk kemudian dapat dilakukan pengembangan yang lebih baik bagi peserta didik di SMK.

Sesuai dengan arah kebijakan dari Pusat Asesmen Pendidikan atau lebih dikenal Pusmendik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sebanyak 419 siswa kelas XII SMK WELA mengikuti Asesmen Bakat dan Minat Berbasis Komputer (ABMBK) secara online yang diselenggarakan oleh Pusmendik Kementrian Pendidikan.

Asesmen Bakat dan Minat Berbasis Komputer (ABMBK) yang dilaksanakan selama 2 hari Senin-Selasa, 20-21 Nopember 2023 memiliki sasaran sebagai berikut:

  1. Manfaat: Memberikan gambaran/informasi mengenai minat dan potensi untuk siswa SMK yang dapat menjadi acuan penentuan pekerjaan atau pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Aspek yang diukur: Tes ini dikembangkan berdasarkan aspek kecerdasan verbal, numerik, logika, pengetahuan umum, konsep dasar mekanika, spasial, kecepatan dan ingatan.
  3. Output: Profil bakat yang dimiliki seseorang.

Kerjasama DUDIKA